Apakah Anda ingin menghasilkan uang dan mendapat komisi dengan mempromosikan produk dan jasa sebuah perusahaan? Jika ya maka anda harus mempelajari strategi affiliate marketing. Ada banyak cara untuk mengiklankan sesuatu di internet. Cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan email marketing, SEO (search engine optimization), program Pay Per Click atau membuat blog untuk dapat menarik banyak pengunjung. Metode ini tidak hanya untuk program affiliate tetapi juga untuk pemilik usaha yang ingin mempromosikan perusahaan atau produk mereka secara online. Semua teknik ini sangat efektif dan mudah dipelajari. Dalam posting ini kita akan berbicara tentang beberapa aspek dasar internet marketing.

Pertama-tama Anda harus
mengenal konsep program affiliate. Ketika seseorang bergabung program affiliate, sering sekali menganggap bahwa peran orang tersebut adalah sebagai sales yang tugasnya adalah untuk membujuk orang lain untuk membeli produk sebuah perusahaan. Untuk setiap kali berhasil melakukan penjualan, maka akan diberikan komisi. Jumlah komisi yang diberikan tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Beberapa perusahaan memberikan komisi lebih dari 50% dari harga jual suatu priduk sementara yang lain bias memberikan komisi sekitar  5-30%. Itulah mengapa Anda harus berhati-hati saat memilih sebuah perusahaan affiliate. Anda seharusnya tidak hanya berpikir tentang persentase komisi tetapi juga melihat apakah produk tersebut banyak dicari konsumen atau tidak.  

Bergabung Dengan Program Affiliate: 

Bergabung dengan program affiliate sangat mudah. Yang perlu anda lakukan adalah mengisi formulir web dan tekan tombol pendaftaran. Setelah Anda mendapatkan konfirmasi, Anda dapat masuk ke control panel Anda dan mengakses media promosi seperti iklan banner, link teks, newsletter dll.

Pihak yang terlibat: 

Biasanya ada tiga pihak peserta yang terlibat dalam penjualan afiliasi. Hal ini sangat penting untuk diketahui internet marketer pemula. Pihak pertama adalah penjual yang bertanggung jawab untuk menjalankan program affiliate dan memberikan komisi . Kedua, adalah affiliate marketer yang mempromosikan produk-produk penjual dan mencoba untuk mendapatkan komisi. Yang terakhir adalah pelanggan yang membeli produk milik pihak pertama yang dipromosikan oleh affiliate marketer. Jadi, Ketiga pihak tersebut saling berkaitan.

Pembayaran 

Pada kebanyakan kasus, pembayaran program affiliate didasarkan pada sistem Pay Per Sale. Affiliate marketer dibayar untuk setiap penjualan berhasil ia lakukan. Namun Pay Per Sale model bukan satu-satunya sistem pembayaran yang digunakan di internet saat ini. Beberapa sistem  lain adalah seperti cost per action (CPA) atau pay per lead. Ketika Dengan sistem ini anda tidak perlu melakukan penjualan untuk dibayar. Cara berpromosi juga sedikit berbeda pada masing-masing Sistem dan anda akan mempelajari teknik dan strategi cara berpromosi nantinya.

Manajemen

Memulai sebuah program affiliate (program affiliasi) tidak lah mudah. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan seperti apakah program yang anda jual laku di pasaran atau tidak. Saya menyarankan jika anda bergabung dalam sebuah program affiliate, pilih produk yang sesuai dengan topik website anda.

0 komentar